Selasa, Maret 25, 2014

265 butir telur pertahun


Telur itik merupakan salah satu sumber gizi yang baik. Kandungan zat gizi yang terdapat pada telur itik diantaranya energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, Vitamin B, dan air.  Mengonsumsi telur itik dalam jumlah normal yaitu 1-2 butir per hari, akan memberikan sumbangan gizi yang sangat berarti bagi kesehatan tubuh (http://suksesdansehat.wordpress.com/).

Untuk menghasilkan itik hibrida petelur unggul, seleksi terhadap sekelompok itik Alabio dan itik Mojosari dilakukan di Badan Litbang Pertanian. Itik hibrida petelur unggul yang diberi nama ITIK MASTER diperoleh dari hasil persilangan beberapa generasi diantara kedua kelompok terseleksi tersebut.
Produksi telur ITIK MASTER per tahun mencapai 265 butir dengan masa produksi 10-12 bulan/siklus tanpa rontok bulu, umur pertama bertelur 18 minggu yang berarti lebih sebulan lebih cepat dibandingkan dengan itik tetuanya, tingkat kematian sangat rendah yaitu di bawah satu persen, serta rasio penggunaan pakan (FCR) 3,2. Identifikasi jenis kelamin pada saat menetas mudah, hanya berdasarkan warna bulu (jantan berwarna lebih gelap), warna bulu spesifik dan sangat seragam, warna kulit telur seragam hijau kebiruan, pertumbuhan anak itik jantan lebih cepat sehingga cocok untuk penggemukan sebagai itik potong ukuran sedang.
ITIK MASTER mampu beradaptasi dengan lingkungan dan berpotensi sebagai bibit niaga penghasil telur dengan sistem terkurung/intensif. Pemeliharaan itik secara intensif menimbulkan konsekuensi meningkatnya biaya produksi. Untuk itu, agar usaha ternak itik tetap menguntungkan diperlukan aplikasi teknologi tepat guna untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi, serta penerapan prinsip-prinsip ekonomis usaha. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah penggunaan bibit unggul yang dihasilkan dari penerapan teknologi pemuliaan pada ternak-ternak yang memang potensial, di samping pemenuhan kebutuhan nutrisi ternak secara tepat.
http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/ 

0 komentar:

Posting Komentar