Kamis, Februari 12, 2015

Babinsa Flores Timur Mengikuti Bimtek untuk Mensukseskan Swasembada Pangan



FLORES TIMUR – Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Kapuslitbangnak) Dr. Bess Tiesnamurti menjadi Penanggung Jawab Tim Kelompok Kerja Upaya Khusus (Upsus) Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 1243/Kpts/OT.160/12/2014, tanggal 5 Desember 2014, tentang Kelompok Kerja Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai melalui Program Perbaikan Jaringan Irigasi dan Sarana Pendukungnya.

Selaku Penanggung Jawab Tim Upsus di NTT, Kapuslitbangnak menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 41 Bintara Pembina Desa (Babinsa) di lingkup Kodim 1624/Flotim di Aula Kantor Bupati Flores Timur, Rabu (4/2). Bimtek ini juga dihadiri Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos, Dandim 1624/Flotim Letkol Inf. Kusni, dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Flores Timur Ir. Antonius Wukak Sogen.

Dalam sambutannya, Kapuslitbangnak menyampaikan bahwa pelaksanaan Bimtek bagi Babinsa ini merupakan bentuk keterlibatan TNI dalam mencapai swasembada pangan. Menurut Kapuslitbangnak, TNI terlibat dalam kegiatan Upsus Padi, Jagung dan Kedelai karena semua pihak memiliki tanggung jawab dalam swasembada pangan.

Kapuslitbangnak berharap Babinsa bisa berperan dalam memperbaiki manajemen budidaya padi yang dilakukan petani petani. Hal ini dilakukan dengan menyampaikan informasi mengenai pola penanaman yang benar kepada petani, misalnya dengan pola penanaman jajar legowo. Dalam menyampaikan informasi tersebut, Babinsa memiliki cara dan teknik tersendiri, sehingga bisa diaplikasikan oleh petani.



Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos mengatakan, pangan merupakan kebutuhan pokok, sehingga peningkatan produksi harus menjadi perhatian semua pihak. Oleh karenanya, keterlibatan TNI dalam kegiatan swasembada pangan ini merupakan suatu hal yang positif. Selain itu, menurut Bupati Flores Timur, kedatangan Kapuslitbangnak sebagai pejabat di Kementerian Pertanian menjadi penyemangat pagi Flores Timur untuk meningkatkan produksi pangan.

Sementara, Dandim 1624/Flotim Letkol Inf. Kusni mengatakan Babinsa akan berperan aktif dalam menyampaikan informasi kepada petani terkait manajemen budidaya yang benar. Sehingga, Dandim berharap para Babinsa bisa mengikuti Bimtek dengan seksama agar ada peningkatan pengetahuan mengenai budidaya padi, jagung dan kedelai. Menurut Dandim, bagi TNI saat ini berlaku semboyan ‘Swasembada Harga Mati’. Hal ini menunjukkan TNI akan mengerahkan segala kemampuannya dalam mendukung swasembada pangan. (IKH/REP)

http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=47119:babinsa-flores-timur-mengikuti-bimtek-untuk-mensukseskan-swasembada-pangan&catid=4:berita

0 komentar:

Posting Komentar