Selasa, Februari 03, 2015

Ransum pre-starter berbahan papaya matang pada ayam lokal KUB meningkatkan nilai efisiensi

Penelitian pemberian ransum pre-starter berbahan papaya matang  pada ayam lokal KUB telah telah dilakukan oleh peneliti Balai Penelitian Ternak dan Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Percobaan ini  dilaksanakan dengan menggunakan 480 ekor anak ayam umur satu hari yang diamati sampai dengan umur 84 hari. Ini merupakan percobaan pertama yang masih memerlukan percobaan lanjutan untuk menggali lebih dalam lagi berbagai respon fisiologis, yang ditimbulkan ayam lokal dan sekaligus memberikan informasi pengaruh berbagai bahan pakan lokal yang diformulasikan dalam ransum pre-starter.

Secara umum hasil percobaan menunjukkan bahwa pemberian ransum pre-starter berbahan papaya matang pada ayam lokal KUB meningkatkan nilai efisiensi kinerja (EPEF= European performance efficiency factor), sebagai akibat meningkatnya efisiensi penggunaan ransum dan tingkat vitalitas yang tinggi. (REP)

Informasi selengkapnya dapat dibaca pada : http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=47076

0 komentar:

Posting Komentar