Senin, Februari 02, 2015

Bisnis Menggiurkan dari Kelinci Rex


Eksotisme Kelinci menyimpan bisnis menggiurkan di baliknnya. Federasi Industri Kulit Internasional melaporkan bisnis Kulit kelinci dunia mencapai US$ 5 miliar atau sekitar Rp 60 triliun. Menurut Peneliti Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Dr. Yono C Rahardjo, Kelinci Rex menghasilkan bisnis beragam.  Mulai dari bisnis anak kelinci sebagai binatang kesayangan, bibit kelunci untuk induk dan pejatan, dan kelinci afkir.
Kemudian industri berbasis kelinci seperti produk abon, dendeng, bakso, sosis, atau nugget. juga industri fashion seperti tas, topi, dan jaket. bahkan kotoran dan urin pun bisa dijual sebagai pupuk tanaman. Harga pupuk yang berasal dari kotoran kelinci mencapai Rp 7500 per kg sedangkan urinnya Rp 5000 per liter.
Harga per lembar kulit kelinci rex berbulu prima ukuran 36 x 42 cm saja, jika sudah disamak mencapai US$ 18 atau sekitar Rp 215 ribu. Dan untuk membuat satu buah jaket mantel, dibutuhkan 35 helai kulit kelinci.
Pasar utama kulit-bulu mentah adalah Hong Kong, China, Taiwan, dan Korea. Sedangkan pasar produk akhir adalah Jepang, Amerika, kulit-bulu tersebut digunakan untuk membuat mantel bulu eksotis yang mempunyai nilai tambah mancapai US$ 800 - 3.000.

Baca selengkapnya: http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=47084

0 komentar:

Posting Komentar