Jumat, Agustus 30, 2013

Suplementasi hijauan murbei dapat meningkatkan produktivitas domba dan kambing

Protein merupakan salah satu nutrient yang menjadi faktor penentu tingkat produktivitas ternak termasuk kambing dan domba. Namun pada umumnya bahan pakan sumber protein yang berasal dari kacang-kacangan maupun hasil samping industri pertanian harganya mahal sehingga terkadang tidak terjangkau oleh daya beli peternak skala kecil maupun yang berada di pedesaan.

Dilain pihak ternak ruminansia mempunyai kelebihan dibandingkan dengan ternak non ruminansia dalam hal pemanfaatan sumber protein dari hijauan untuk mencukupi kebutuhan akan proteinnya. Oleh karena itu, meningkatkan produktivitas domba dan kambing, perlu dicari alternative sumber protein yang murah dan tersedia sepanjang tahun. Tanaman murbei dapat tumbuh sepanjang tahun di daerah iklim tropis seperti di Indonesia.

Hijauan dari tanaman murbei mempunyai kandungan protein yan tinggi (> 20%) sehingga sangat potensial untuk digunakan sebagai sumber protein hijauan pada pakan kambing dan domba. Dilaporkan bahwa suplementasi hijauan murbei pada pakan domba dapat meningkatkan total konsumsi bahan kering sebesar 22,5% dan dibarengi dengan peningkatan kenaikan bobot badan harian domba sebesar 85% dibandingkan pakan yang tidak disuplementasi dengan hijauan murbei.
sumber: WARTAZOA Vol.22 No.1 Th.2012

0 komentar:

Posting Komentar