Kamis, Juni 11, 2015

Prototipe Vaksin ND Genotipe VII Efektif dalam Mengendalikan Penyakit ND Generasi Baru


New Castle Disease (ND) merupakan penyakit yang sangat kontangius dan termasuk dalam satu dari penyakit penting pada unggas di dunia. Infeksi berlangsung secara cepat dan bisa menyebabkan kematian secara mendadak dengan mortalitas yang tinggi. Di Indonesia, penyakit ND pada tahun terakhir ini menunjukkan gejala yang sedikit berbeda dengan gejala penyakit ini sebelumnya. Gejalanya biasanya hanya menurunkan produksi telur, namun penurunannya sampai drastis dan tidak dapat mencapai puncak produksi. Seed vaksin yang digunakan biasanya adalah Lasota atau B1 (Lentogenik) terkadang kumarov (Mesogenik) dan beberapa dari isolat lokal Indonesia yang termasuk virus ND ganas (Velogenik). Meskipun vaksinasi diaplikasikan secara intensif, penyakit ND masih menyebabkan masalah bagi peternak. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe vaksin ND genotipe VII yang diperoleh pada penelitian tahun sebelumnya yaitu Chicken/Indonesia/GTT/11 sehingga dapat digunakan untuk menyediakan seed virus ND genotype VII yang sangat dibutuhkan oleh peternak.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menformulasi vaksin dan melakukan vaksinasi pada ayam umur 3 minggu pada kelompok ayam yang divaksin dengan vaksin genotipe VII (Chicken/Indonesia/GTT/11) yang dibandingkan dengan vaksin genotipe VII komersial dan vaksin ND bukan GVII, dan kemudian ditantang dengan virus tantang Chicken/Indonesia/ GTT/11. Pengamatan dilakukan dengan mengukur titer antibody sebelum dan setelah vaksinasi, serta memeriksa adanya sheeding virus pasca tantang. Selain itu juga dilakukan identifikasi virus ND yang bersirkulasi di lapang dengan menggunakan metode RTPCR.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sirkulasi virus ND masih dapat dideteksi pada peternakan ayam yang melakukan vaksinasi ND. Vaksin ND generasi baru BB Litvet yang mengandung seed vaksin ND G7 chicken/Indonesia GTT/11 mempunyai respons pasca vaksinasi yang sangat baik, dengan rataan titer 7,3 log2 dan mampu memberikan perlindungan 100% pada ayam yang divaksinasi dari penyakit klinis, kematian, serta sheeding terhadap virus tantang.

Puslitbangnak

0 komentar:

Posting Komentar