Senin, Juni 15, 2015

Teknologi Unggulan Ayam Sentul F3

Bobot hidup pada umur 10 minggu adalah umur optimum yang diharapkan tidak merubah tekstur dan rasa daging ayam lokal.
Seleksi berdasarkan kriteria telah dilakukan selama tiga generasi. Ciri khas tampilan selain postur tubuh dan warna bulu, adalah bentuk jengger. Ada dua bentuk jengger yang muncul dalam populasi adalah bentuk jengger pea (kacang) dan single comb (kipas terbuka).Pada generasi ke tiga ini bentuk jengger didominasi dengan bentuk kacang (87,55% untuk jantan dan 91,79% pada yang betina).
Sesuai dengan tujuan seleksi, kinerja pertumbuhan sampai dengan umur 10 minggu yang meliput bobot hidup, konsumsi ransum, dan efisiensi penggunaan ransum (FCR= feed conversion ratio).
Bobot hidup pada umur 10 minggu adalah umur optimum yang diharapkan tidak mengubah tekstur dan rasa daging ayam lokal yang sementara disukai konsumen daging ayam lokal dengan bobot tubuh antara 700–1000 g/ekor sebagai bobot potong yang disukai konsumen khusus sebagai bobot potong yang cocok untuk potongan karkas sajian meja.
Pemeliharaan ayam Sentul F3 tersebut dilakukan secara intensif penuh dalam kandang koloni kawat dan di kandang koloni beralas lantai dengan litter sekam. Kualitas ransum yang diberikan sejak umur 0-10 minggu adalah 17% protein kasar dengan 2800 kkal energi termetabolis/kg.

Puslitbangnak

0 komentar:

Posting Komentar